Masuknya Islam di Nusantara

Share Post

TEORI  MASUKNYA ISLAM PERTAMA KALI DAN CARA DAKWAH PARA ULAMA DI NUSANTARA

Flashdisk Kitab Kuning PDF

Teori Masuknya Islam ke Nusantara.

Para sejarawan berbeda pendapat tentang proses awal masuknya Islam ke Nusantara. Ada yang mengatakan abad ke-7 M, ada yang pada abad ke-13 M.

Flashdisk Kitab Kuning PDF

Menurut DR. Hamka dan Sayyid Naguib Al-Attas, yang didukung dengan hasil keputusan seminar tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia, tahun 1963 di Medan, dan seminar yang sama tahun 1978 di Aceh, bahwa Agama Islam masuk pada abad ke-7 masehi atau abad ke-1 hijriyah, semasa dengan dinasti Bani Umaiyah di Timur Tengah dan jaman keemasan Sriwijaya di Palembang. Alasannya: para pedagang muslim biasa berdagang sampai ke Persia, India, dan Cina. Sementara letak Indonesia dengan selat Malaka-nya saat itu berada di jalur perdagangan Internasional. Diperkuat pendapat J.C.van Leur, bahwa sejak tahun 674 M sudah ada koloni-koloni orang Arab di barat laut Sumatara, yakni di Barus, daerah penghasil kapur barus terkenal.

Pendapat lain, Islam masuk abad ke-13 M, didasarkan pada catatan perjalanan Marcopolo, seorang pelaut asal Venesia Italia, yang pernah berkunjung di Perlak dan Aceh, bahwa abad itu sudah ada kerajaan Islam di sana, yakni Samudera Pasai, yang diperintah seorang raja muslim, Marah Silu dengan bergelar Al-Malikus Shaleh.

Jika memperhatikan temuan batu nisan makam milik Fathimah binti Maimun bin Hibatullah di lokasi

“Kubur Panjang” di desa Leran Manyar Gresik, yang tertulis bahwa ia wafat tahun 1082 M/495 H (abad 11 M), maka dapat disimpulkan bahwa pada saat itu sudah ada koloni atau perkampungan muslim di Gresik dan daerah lainnya. Dengan begitu, Islam masuk ke Nusantara jauh sebelum abad ke-13 M, dan berkembang pesat pada abad ke-13, setelah berdirinya Kerajaan Islam Samudera Pasai dan Perlak.

Siapa yang menyebarkan Islam ke Nusantara?. Apakah orang Arab, orang Persia, atau orang Gujarat? Dalam hal ini ada tiga teori :

Teori Persia.

Penemunya: P.A. Djayadiningrat. Pendapatnya:  Islam  masuk  Nusan-tara dibawa oleh para pedagang  dan  ulama  dari Persia, dengan alasan ada unsur kesamaan dalam tradisi dan budaya, seperti tradisi Asyura’ (10 Muharam) untuk mengenang wafatnya Husein di Karbala; kesama-an dalam ajaran antara Seh Siti Jenar dengan sufi asal Iran, Al-Hallaj, yang mati digantung pada tahun 922 M; juga adanya kesamaan dalam cara mengeja huruf hijaiyah, seperti jabar (fathah), jer (kasroh), dan pes (dhommah).

Teori Gujarat

Penemunya: Snouck Hurgronje. Pendapatnya : Islam dibawa masuk oleh para pedagang dan ulama dari Gujarat. Dengan alasan : Batu Nisan beberapa makam tua seperti makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik dan makam Al-Malikhus Sholeh di Sumatera didatangkan dari Gujarat India selatan. Selain itu, madzhab syafi’i yang dianut mayoritas bangsa Indonesia adalah sama dengan yang dianut oleh masyarakat Malabar  Gujarat.

Teori Mekah (Arab)

Penemunya: Prof. DR. Hamka. Pendapatnya: agama Islam masuk dari Makkah dan Mesir pada abad ke-7 M, dibawa oleh para ulama dan pedagang dari Arab. Alasannya: (1). Menurut laporan Ibnu Bathutoh yang pernah singgal di Pasai, bahwa Samudera Pasai bermadzhab Syafii, yang saat itu berkembang pesat di Mesir.  (2). Gelar para raja Samudera Pasai adalah sama seperti yang dipakai para Raja di Mesir, yaitu Al-Malik. (3). Sebelum Ibnu Bathutoh singgah di Aceh, ada seorang ulama besar yang mengajarkan ilmu tasawwuf di Arab (Mekkah-Mesir), namanya Sekh Abu Mas’ud Abdullah Al-Jawi.

Masuknya Islam langsung dari Mekkah (Arab) ke Indonesia tersebut melalui 2 rute :

1). Jalur utara (Darat) : Dari Mekah, ke Medinah, Syria, Baghdad, Gujarat, Sri Langka, dan terakhir ke Samudera Pasai.

2). Jalur selatan (Laut) : dari Mekah, ke Hadhromaut (Yaman selatan), terus menyeberang ke Gujarat, Srilangka, dan terakhir ke Samudera Pasai.

Cara-Cara Dakwah Islam  Di  Nusantara

Tidak dapat dipungkiri, Dakwah Islam di Nusantara adalah dengan cara damai, bukan dengan cara kekerasan. Dalam hal ini, peran dan jasa para  pedagang sangat dalam penyebaran Islam pertama kali sejak abad ke-7 M. Proses Islamisasi mengalami perkembangan pesat sejak abad ke-13 M, melalui beberapa saluran atau cara, yaitu : 1) perdagangan, 2) perkawinan (soaial), 3) pendidikan pesantren, 4)  ajaran tasawwuf, 5) seni budaya, dan 6) politik.

Melalui Cara Perdagangan

Para pedagang muslim mula-mula berdatangan ke kota-kota pelabuhan (daerah pesisir). Diantara mereka ada yang bertempat tinggal sementara dan ada yang menatap di perkampungan tersendiri. Mereka setiap hari bergaul dan berbaur dengan para pedagang pribumi dan penduduk sekitar pelabuhan. Lambat laun, Pergaulan dan pembauran ini tberpengaruh terhadap kepercayaan dan  agama penduduk pribumi. Mula-mula yang menerima Islam, tentu saja, adalah para pedagang pribumi yang sering berhubungan dengan mereka, lalu diikuti oleh pekerja,  pembantu, dan penduduk sekitar. Jika yang masuk Islam itu para adipati, bangsawan dan tokoh masyarakat, maka proses islamisasi semakin cepat, karena keislaman mereka akan diikuti rakyat secara luas. Kondisi ini bukan mustahil, karena Islam merupakan agama missi, yang mendorong pengikutnya agar menyebarkannya kepada orang lain. Sebagaimana sabda Nabi :

بَلِّغُوْا عَنِّيْ وَلَوْ آيَةً

Sampaikan (ajaran Islam) dari-ku, sekalipun satu ayat“.

Melalui Cara Perkawinan  (sosial)

Para pedagang muslim biasanya tidak membawa serta isteri dan anak-anaknya. Hal ini mendorong mereka memperistri penduduk pribumi.

Calon isterinya tentu disyahadat-kan atau diislamkan dulu. Jika tidak, perkawinannya tidak sah. Islamnya isteri, paling tidak, akan diikuti oleh anak keturunannya, yang lambat laun akan diikuti juga oleh keluarganya dan kerabat dekatnya atau kerabat jauhnya.

 Proses Islamisasi akan lebih sukses dan menguntungkan dari segi strategi dakwah, ekonomi dan politik, jika Perkawinan dilakukan oleh ulama, muballigh, penguasa muslim atau pedagang muslim,   dengan wanita anak Bangsawan, Bupati, atau Raja.

Cerita-cerita babad, hikayat, dan sejarah menceritakan adanya perkawinan semacam ini. Misalnya Sunan Ampel mengawini Nyi Ageng Manila,  putri Bupati Tuban. Syeh Maulana Ishak mengawini Dewi Sekardadu, puteri Raja Blambangan. Raden Patah bin Raja Brawijaya V, diambil menantu oleh Sunan Ampel.

Melalui perkawinan tersebut, Islam akhirnya berkembang dengan pesat,  bahkan sampai menyusup masuk kedalam istana kerajaan.

 

Melalui Cara Pendidikan Pesantren 

Sistim pendikan pesantren sudah dikenal sejak jaman pra-Islam, yang disebut Mandhala, tempat untuk mendidik para calon pendeta Hindu, yang siswanya terbatas dari kaum Brahmana. Model Mandhala ini lalu dikembangkan para penyebar Islam menjadi sebuah lembaga pendidikan Islam disebut “Pesantren”, dimana siswanya terbuka untuk umum, tidak terbatas pada golongan tertentu.

Pesantren tidak sekedar sebagai tempat pendidikan, tetapi sekaligus sebagai tempat tinggal Guru beserta keluarga dan para santri. Komplek-komplek tempat tinggal mereka ini, lalu dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren. Dari kalangan Walisongo, Maulana Malik Ibrahim barangkali dapat dipanang sebagai perintis pertama pesantren tertua. Mula-mula ia dirikan Langgar atau Musholla sebagai tempat shalat sekaligus berfungsi sebagai tempat belajar agama, mengaji Al-Qur’an dan kitab-kitab kuning yang lain. Lama-kelamaan Langgar ini menjadi pesantren sederhana bagi warga sekitar, terutama generasi mudanya. Demikian pula Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Muria dan lain-lain, memiliki pesantren sendiri-sendiri.

Tujuan  Pendidikan pesantren adalah untuk mempersiapkan kader-kader ulama dan muballigh yang siap menyebarkan agama Islam kepada masyarakat luas, Di samping juga untuk meningkatkan kualitas pengetahuan agama para santrinya. Setelah pulang, mereka diharapkan menjadi penyebar Islam dan atau mendirikan Pesantren-pesantren di sekitar daerahnya.

Melalui Cara Ajaran Tasawwuf

Melalui ajaran tasawwuf ini, agama Islam lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, terutama Jawa. Karena ajaran tasawwuf memiliki beberapa kesamaan unsur dengan kepercayaan lama (Hindu dan Budha) yang dianut mayoritas masyarakat saat itu, yakni kesamaan dalam mementingkan aspek batiniah atau mistik.

Melalui Cara Politik

Sabdo pandito ratu, bukan jargon kosong bagi masyarakat tradisional di Indonesia. Pengaruh politik raja sangat membantu proses Islamisasi. Di Maluku dan Sulawesi Selatan, rakyat berduyun-duyun masuk Islam setelah Rajanya masuk Islam. Di beberapa daerah di Indonesia, demi kepentingan politik, kerajaan-2 Islam memerangi kerajaan non Islam. Kemenangan kerajaan Islam, secara politis, menarik penduduk kerajaan non Islam untuk masuk Islam

Melalui Seni Budaya

Berbagai cabang seni, tradisi dan aspek-aspek budaya lainnya, dilestarikan dan dibiarkan tumbuh subur, bahkan dikembangkan men-jadi bentuk baru, sekaligus dijadikan sarana berdakwah, setelah para muballigh memasukkan unsur-unsur keislaman kedalamnya.

Misalnya Walisongo, terutama Sunan Kalijaga, sangat berjasa dalam mengembangkan kesenian wayang, lalu dijadikannya sebagai metode dakwah. Setiap datang bulan Mulud, di alun-alun Kraton Demak selalu diadakan pertunjukan wayang, dan para pengunjung tidak ditarik tiket/ biaya seperser pun, tiketnya hanya disuruh membaca kalimat syahadat.

Peranan Ulama dan Muballigh Dalam Perkembangan Islam

Berawal dari pesisir Sumatera utara dan pesisir utara Jawa, Islam disebarluaskan ke pelosok wilayah pedalaman dan pulau-pulau di Indonesia oleh para muballigh dan ulama.

Untuk kasus di pulau Jawa, proses Islamisasi berjalan sangat pesat pada abad ke-14 sampai abad ke-15, melalui keenam cara dakwah di atas. Para Muballigh yang sangat berjasa dan berperan dalam hal ini ialah kelompok dakwah Walisongo.

Menurut Asnan Wahyudi dan Abu Khalid, MA dalam bukunya, Kisah Walisongo, yang dinukil dari kitab Kanzul ‘Ulum, karya Ibnu Bathutoh, yang disempurnakan Sekh Maulana Maghribi, bahwa  istilah Walisongo merupakan nama sebuah Lembaga Dewan Dakwah atau Dewan Muballigh di Jawa yang beranggotakan 9 orang pengurus.

Dewan Dakwah ini mengadakan tiga kali sidang penggantian pengurus, yaitu pada tahun 1404 M, 1436 M dan 1463 M. Ditambahkan oleh KH Dahlan Abdul Qohhar, Dewan ini mengada-kan sidang keempat pada tahun 1466 dan sidang kelima sehubungan dengan kasus Sekh Siti Jenar.

Walisongo Periode Pertama, mengadakan sidang pertama tahun 1404. Sembilan orang Pengurusnya : 1) Maulana Malik Ibrahim (w. 1419  di Gresik);   2) Maulana Ishaq;   3) Maulana Ahmad Jumadil Kubra (makamnya di Trowulan Mojokerto);  4) Maulana Muhammad al-Maghrabi (w. 1465  di Jatinom Klaten);  5) Mau-lana Malik Israil (w. 1435 di Gunung Santri Cilegon);  6) Maulana Muham-mad Ali Akbar (w. 1435  di Gunung Santri Cilegon);  7) Maulana Hasa-nuddin (w. 1462  di samping masjid Banten lama);  8) Maulana Aliyuddin (w. 1462  di samping masjid Banten lama);  9) Syekh Subakir (w. 1462 di Persia).

Walisongo periode kedua, sidang kedua tahun 1436. Keputusannya: melengkapi komposisi kepengurusan yang lowong. Maka masuk: 1) Sunan Ampel, mengganti posisi Maulana Malik Ibrahim yang wafat;  2) Sunan Kudus (Ja’far Shadiq) menggantikan Maulana Malik Israil yang wafat;  3) Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati), mengganti posisi  Ali Akbar yang wafat.

Walisongo periode ketiga, sidang ketiga tahun 1463. Hasilnya:  meleng-kapi kepengurusan dengan memasukkan: 1) Sunan Giri, menggantikan Maulana Ishaq yang pindah ke Pasai;  2) Sunan Bonang, mengganti Maula-na Hasanuddin yang wafat;  3) Sunan Kalijaga, mengganti posisi Syekh Subakir yang kembali ke Persia;  dan 4) Sunan Drajat, mengganti posisi Maulana Aliyuddin yang wafat.

Walisongo perode keempat sidang  keempat tahun 1466,  memasukkan : 1) Raden Patah, mengganti Maulana Ahmad Jumadil Kubra yang wafat; dan 2) Fathullah Khan, mengganti Maulana Muhammad al-Maghrabi yang wafat.

Walisongo periode kelima, masuk nama Sunan Muria. Tidak dijelaskan menggantikan siapa, tetapi besar kemungkinan menggantikan Raden Patah yang naik tahta menjadi Sultan Demak. Pada sidang kelima ini mereka menentukan sikap terhadap kasus Sekh Siti Jenar.

Lepas dari benar-tidaknya pendapat di atas, Walisongo yang disepakati para ahli sejarah, dan nama mereka sudah terkenal luas di masyarakat berjumlah sembilan orang  : 1) Maulana Malik Ibrahim;  2) Sunan Ampel;  3) Sunan Giri;  4) Sunan Bonang;  5) Sunan Drajat;  6) Sunan Kalijaga;  7) Sunan Muria;  8) Sunan Kudus; dan 9) Sunan Gunungjati.

PERANAN  KESULTANAN  DI  JAWA  DALAM  PENYEBARAN  ISLAM

KESULTANAN DEMAK (1479 – 1546)

Raden Patah adalah putra Prabu Brawijaya V, dari ibu muslimah keturunan Campa. R. Patah nyantri berguru kepada Sunan Ampel, lalu dinikahkan dengan putrinya, Dewi Murtasimah. Dia diberi ayahnya tanah perdikan di desa Glagah Wangi Bintoro (Demak). Di sanalah dia diangkat menjadi Adipati oleh ayahnya dan mendirikan pesantren (1475 M) sebagai pusat penyebaran agama Islam kepada masyarakat sekitar.

Perkembangan Islam di Jawa bersamaan dengan lemahnya posisi Majapahit. Brawijaya V lengser akibat serangan Prabu Girindrawardhana dari Daha-Kediri tahun 1478 M (ditandai dengan candra sengkala: Sirna Hilang Kertaning Bumi = tahun syaka 1400 = 1478 M). Hal ini memberi peluang kepada penguasa muslim di pesisir Jawa untuk membangun pusat kekuasaan yang independen dan lepas dari Majapahit.

Dengan alasan untuk mengambil hak Tahta kerajaan orang tuanya yang diambil secara paksa oleh Raja Daha Kediri, maka atas inisiatif Sunan Ampel, para Walisongo sepakat mengangkat RADEN PATAH sebagai Raja pertama Kesultanan Demak pada tahun 1479 M (ditandai dg candra sengkala: Geni Mati Siniram Jalmi, artinya: kezhaliman lenyap dikalahkan kebenaran = thn syaka 1401 = 1479 M),  dengan gelar  Senopati Jimbun Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayidin Panotogomo.

Tahun 1512 M, Girindrawardana (Brawijaya VI) dilengserkan oleh Prabu Udara dan mengangkat dirinya sebagai Brawijaya VII. Kemudian pada tahun 1516 M, Raden Patah yang juga bergelar Sultan Al-Fatah Alam Syah Akbar, dapat mengalahkan Majapahit (Daha Kediri) dan melengserkan Prabu Udara (Brawijaya VII) dari tahtanya, dengan alasan karena bekerjasama dengan Portugis yang punya misi menyebarkan agama Nasrani di Malaka. Ini sangat merugikan Dakwah Islamiyah Demak. Sejak saat itu, Kerajaan Majapahit-(Daha Kediri) runtuh untuk selamanya. Panji-panji kebesaran (Pusaka kerajaan) Majapahit diusung ke Demak, dan Demak menjadi Kerajaan yang berdsaulat penuh pada tahun 1517 M..

Raden Patah wafat tahun 1518, lalu digantikan oleh putranya, ADIPATI YUNUS, yang bergelar Pangeran Sabrang Lor. Dia wafat pada tahun 1521 M, lalu diganti adiknya, Raden Trenggono.

Di bawah SULTAN TRENGGONO (1521 – 1546 M), Demak mengalami jaman keemasan. Jasa-jasa beliau: 1). Di bawah panglima Syarif Hidayatulloh, Banten dilepaskan dari Pajajaran (1526 M), 2). Portugis berhasil diusir dari pelabuhan Sunda Kelapa (1527 M) dipimpin oleh Fathullah Khan (Falatehan atau Fatahillah), dan  3). pelabuhan Cirebon direbut dari Pajajaran (1528).

Alasan perebutan dari Pajajaran ialah karena Pajajaran menandatangani perjanjian persekutuan secara rahasia dengan Portugis di istana Pakuan Bogor tahun 1522 M) yang dinilai sangat membahayakan Demak. Untuk memelihara kelestariannya, Syarif Hidayatulloh (Sunan Gunung Jati) diangkat untuk menguasai daerah tersebut, setelah sebelumnya ia dinikahkan dengan adiknya, Ratu Pembayun binti Raden Patah.

Selama periode Demak, Dakwah Islamiyah berkembang pesat. Penase-hat Sultan (Walisongo) menyodorkan strategi dakwah yang jitu, yaitu berdakwah melalui pendekatan budaya, seperti kesenian wayang, tradisi grebek sekaten, grebek mulud, cerita-dongeng, sya’ir dan tembang mocopat, slametan, dll.

KESULTANAN PAJANG (1546-1588)

Sultan Trenggono terbunuh di Pasuruan dalam usahanya menyerang kerajaan Hindu Blambangan (Banyuwangi). Sepeninggalnya, terjadi perebuatan tahta kerajaan. Sunan Prawoto yang berhak menjadi penggantinya dibunuh oleh Arya Penangsang, Adipati Jipang. Arya Penangsang lalu dikalahkan oleh menantu Sultan Trenggono yang bernama Mas Karebet alias Jaka Tingkir, yang dibantu oleh Ki Ageng Pemanahan. Akhirnya, Jaka Tingkir–lah yang menjadi Sultan Demak, dengan gelar Sultan Hadiwijaya.

SULTAN HADIWIJAYA memindahkan pusat pemerintahan dafri Demak ke wilayah pedalaman, Pajang. Dakwah Islamiyah tetap berjalan dengan pendekatan budaya. Islam dikembangkan lebih bercorak mistik, feodalistik dan sinkretistik (campur-aduk) antara ajaran hindu-budha, kejawen, dan Islam.

Tahun 1587 Sultan Hadiwijaya wafat, maka para Pembesar kerajaan Demak mengangkat Arya Pangiri bin Sunan Prawoto (menantu Sultan Hadiwijaya) sebagai  penggantinya, sementara Pangeran Benowo (putra Sultan) diangkat menjadi Adipati di Jipang.

Pangeran Benowo yang lebih berhak jadi Sultan merasa tak puas, lalu minta bantuan kepada saudara angkatnya, SUTAWIJAYA yang saat itu menjadi Senopati dan Adipati di Mataram, agar mengusir Arya Pangiri dari Pajang. Arya Pangiri akhirnya berhasil ditawan, namun ia diangkat lagi menjadi Adipati di Demak.

Dengan begitu, PANGERAN BENOWO menjadi Sultan. Namun, setelah melihat kekuatan dan kecakapan Sutawijaya dalam pemerintahan, Pangeran Benowo akhirnya menyerahkan tahta warisan ayahnya kepada Sutawijaya tahun 1588, sementara ia menjauhi dunia politik,  lalu memusatkan diri pada dakwah Islamiyah dengan mendirikan PESANTREN di daerah pedesaan.

KESULTANAN MATARAM ISLAM (1588-1705)

Daerah Mataram adalah hadiah dari Sultan Hadiwijaya kepada Ki Ageng Pemanahan pada tahun 1577, atas jasanya dalam membantu Sultan Hadiwijaya mengalahkan Aria Penangsang dalam perebutan kekuasaan di Demak.

Tahun 1584 SUTAWIJAYA menggantikan ayahnya menjadi Adipati Mataram. Tahun 1588 dia menjadi Sultan pertama Mataram dengan gelar Senopati ing Ngalogo Sayidin Panotogomo,  setelah dia menerima limpahan kekuasaan dari Pangeran Benowo, karena jasanya membantu mengalahkan Arya Pangiri (menantu Sultan Hadiwijaya).

Sutawijaya wafat pada tahun 1601. Ia digantikan oleh MAS JOLANG yang terkenal dengan sebutan Pangeran Seda Krapyak, sampai wafatnya tahun 1613 M, lalu diganti oleh putranya, Mas Rangsang, yang terkenal dengan sebutan Sultan Agung, dengan gelar Senopati ing Ngalogo Sayidin Panotogomo Khalifatullah ing Tanah Jawa. Dia wafat pada tahun 1646.

Di masa SULTAN AGUNG, Mataram mengalami masa kejayaan. Hampir seluruh Jawa dipersatukan di bawah kekuasaannya. Ia adalah Sultan yang berjiwa besar, sangat cinta bangsa dan tanah air, dan cukup baik penda-lamannya terhadap ajaran Islam.

Sewaktu penjajah Belanda (VOC) menguasai Jayakarta (Batavia), Sultan Agung dua kali (tahun 1628 dan 1629) mengirim pasukan besar menyerang Belanda di Batavia, sekalipun mengalami kegagalan.

Di Bidang Dakwah dan Budaya, ia berjasa dan berhasil melakukan Akulturasi budaya, antara budaya Islam dan Jawa. Diantara jasanya :

(1). ia menciptakan “Serat Sastra Gendhing“, yang memadukan karya sastra jawa dan Islam.

(2). Ia juga menciptakan almanak/kalender baru yang lebih dikenal dengan Kalender Jawa, sebagai hasil gabungan sistem kalender Syaka dan Hijriyah. Angka tahunnya melanjutkan tahun syaka (1555), tetapi sistim hisabnya memakai perhitungan hijriyah (Qomariyah). Nama bulannya disesuaikan dengan peristiwa didalamnya,yaitu syuro, sapar, mulud, ba’da mulud, jumadil awal, jumadil akhir, rejeb, ruwah, poso, syawal, dzulkaidah, besar. Tahun pertama dan tahun baru dimulai tanggal 1 syuro tahun jawa 1555, bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1633  masehi, bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1043 Hijriyah.

KESULTANAN BANTEN DAN CIREBON

Dalam salah satu versi, Syarif Hidayatullah adalah berasal dari Pasai yang lama belajar agama di Mekah. Ketika Pasai dan Malaka dikuasai penjajah kafir Portugis, maka ia pulang dari Mekah dan langsung ke Demak untuk berjuang melawan Portugis dan mengembangkan ilmu agamanya di Demak. Oleh sultan Trenggono, ia diangkat jadi panglima memimpin tentara Demak mengusir Portugis dari Sunda Kelapa (Jayakara) pada tahun 1527, setelah dia menguasai Banten (1526) dan akhirnya Cirebon (1528) dari tangan Pajajaran yang dinilai telah bekerjasama dengan Portugis.

Dia dinikahkan dengan adik Sultan Trenggono, yang bernama Ratu Pembayun binti Raden Patah, dan diberi hak untuk menguasai dan menyebarkan Islam di tiga daerah pesisir Jawa Barat tersebut.

Sepeninggal sultan Trenggono, terjadilah perebutan tahta di Demak (1546). Sejak saat itu, maka Banten dan Cirebon melepaskan diri dari kekuasaan Demak dan Pajang,  lalu menjadi kerajaan yang merdeka.

Setelah masa tua, Syarif Hidayatullah yang terkenal dengan julukan SUNAN GUNUNG JATI ini memusatkan diri untuk berdakwah di Jawa Barat, dengan berkedudukan di Cirebon sampai wafatnya tahun 1570. Sementara urusan Banten, ia serahkan ke Hasanuddin (putranya) pada tahun 1552, sampai ia wafat tahun 1570, satu bulan setelah ayahnya wafat

Selama Hasanuddin memerintah, Banten menjadi kerajaan besar. Dakwah Islamiyah berkembang pesat.  Pelabuhan Banten menjadi pusat perdagangan ramai. Lampung dan Bengkulu masuk menjadi wilayahnya.

Hasanuddin wafat tahun 1570, sebulan setelah ayahnya wafat. Lalu ia diganti putranya, Maulana Yusuf (1570 – 1580). Di masanya, kerajaan Pajajaran yang beribukota di Pakuan Bogor diserangnya pada tahun 1579, dan Prabu Sedah, raja terakhir Pajajaran tewas. Sejak saat itu, kerajaan Hindu Pajajaran Gulung Tikar, hilang dari peredaran sejarah.

Sementara wilayah Cirebon, sepeninggal Sunan Gunungjati (1570), diperintah oleh cicitnya yang bernama Pangeran Ratu, sampai dia wafat tahun 1650. Lalu digantikan oleh Pangeran Girilaya.

Berbeda dengan Banten yang berkembang menjadi kerajaan besar, maka Cirebon lebih berkembang menjadi pusat penyebaran Islam sampai abad-abad selanjutnya.

PERANAN  KESULTANAN  DI SUMATRA  DALAM  PENYEBARAN  ISLAM  DI NUSANTARA

Kesultanan Samudera Pasai

 Kesultanan Samudera Pasai yang terletak di Lhokseumawe Aceh ini didirikan oleh Merah Silu tahun 1285. Berkat pertemuannya dengan Sekh Ismail,  utusan dari Syarif Mekah, ia masuk Islam. Ia diberi gelar Al-Malikus Shaleh.

Ia wafat tahun 1297, diganti putranya dengan gelar Al-Malikul Zhahir. Di masanya, Samudera Pasai mengalami masa kejayaan. Rakyat hidup makmur dan agama Islam berkembang subur, dan menjadi pusat penyebaran Islam. Pada masa ini, seorang pengembara Muslim yang bernama Ibnu Bathutoh pernah singgah di Samudera Pasai, lalu dilu-kiskan dalam tulisannya: “Sultan al-Malik al-Zhahir adalah penganut Islam yang saleh. Baginda dan rakyatnya ber-madzhab Syafii. Di hari jum’at, Baginda pergi ke Mesjid dengan berjalan kaki diikuti rakyatnya. Saat pulang dari mesjid, baginda mengendarai gajah. Rakyat sangat menghormati sultannya. Kehidupan rakyat tampak makmur“.

Kerajaan Samudera Pasai ditaklukkan Portugis tahun 1521. Pada tahun 1524 dengan sultan terakhir Zainal Abidin, kerajaan ini dianeksasi dan berada di bawah kerajaan Aceh Darussalam di masa sultan Mughayyat Syah.

Kesultanan Aceh Darussalam

Kerajaan ini terletak di daerah Aceh Besar, didirikan Muzhaffar Syah (1465 – 1497). Sejak Malaka diduduki Portugis tahun 1511, kerajaan ini menjadi pusat perdaga-ngan yang ramai. Kerajaan Pidie yang bekerjasama dengan Portugis dan Samudera Pasai ditaklukkan tahun 1524.

Kerajaan mengalami masa kejayaan sewaktu diperintah sultan Iskandar Muda (1608 – 1637). Dari Aceh, Tanah Gayo yang berbatasan dan daerah Minangkabau berhasil diislamkan. Sepeninggalnya, Aceh diperintah Sultan Iskandar Tsani. Penyebaran dan pengkajian Islam maju dengan pesat. Setelah itu, Aceh diperintah Sultanah (Ratu, wanita) sehingga kerajaan ini menjadi lemah dan kacau. Sekalipun demikian, Aceh tetap berdiri sampai awal abad 20.

Pada jaman Aceh Darussalam ini, sejak sultan Iskandar Muda, telah muncul para ulama yang besar pengaruhnya dalam mewarnai corak pemikiran keislaman di Nusantara pada masa-masa selanjutnya. Bahkan mereka diangkat sebagai Mufti kerajaan (Qoodhi Malikul ‘Adil). Diantaranya: Hamzah Fansuri (dari Barus), Syamsuddin as-Sumatrani (jaman Sultan Iskandar Muda), Sekh Nuruddin ar-Raniri (jaman Iskandar Tsani), dan Abdurrauf Singkel, pengembang Tarikat Syattariyah (jaman Sultanah Safiatuddin Syah),

PERANAN  KESULTANAN  DI SULAWESI  DAN MALUKU 

Kesultanan Goa-Makassar.

Islam masuk ke Goa Makassar berkat jasa para pedagang dan ulama asal Minangkabau, Datu’ ri Bandang. Sejak akhir abad ke-16, sudah banyak masyarakat yang masuk Islam, namun kerajaan Islam ini resmi berdiri tanggal 22 September 1605 M dengan Sultan Alaudin sebagai raja pertama yang memerintah selama 33 tahun (1605-1639). Di masanya Islam mengalami perkembangan pesat. Kerajaan Wajo dan Bone ditundukkan, sehingga wilayah kerajaan Goa hampir mencakup wilayah  Sulawesi,.

Raja kedua: Muhammad Sa’id, memerintah selama 14 tahun (1639-1653). Lalu digantikan putranya, Sultan Hasanuddin, memerintah selama 16 tahun (1653 – 1669). Di masa Hasanuddin, Kesultanan Goa – Makassar mengalami puncak kejayaan, menjadi kerajaan yang tangguh dan kuat. Penjajah Belanda (VOC) menjuluki Hasanuddin “Ayam Jantan dari Makassar“, karena beberapa kali menyerang benteng VOC, hingga armada Belanda kewalahan dan kocar-kacir.

Hasanuddin baru tunduk pada Belanda setelah raja Bone, Aru Palaka, terbujuk Belanda untuk bersama-sama menyerang Goa makassar.

Kesultanan Ternate 

Raja Ternate yang pertama kali masuk Islam adalah raja ke-19, bernama Sultan Marhum. Ia mengirim putranya yang bernama Zainal Abidin ke Jawa untuk mempelajari Islam, langsung di bawah bimbingan Sunan Giri. Sekembalinya dari Giri, ia menyebarkan Islam kepada rakyat Ternate.

Sepeninggal Sultan Marhum, ia diganti sultan Zainal Abidin, kemudian diganti putranya, sultan Khairun.

Sebelum Khairun jadi sultan, penjajah  Portugis yang punya semboyan  3 G (Gold, Glory and Gospel, alias : Emas, Kemasyhuran, dan Injil) sudah masuk ke Ternate Maluku. Mula-mula bertujuan dagang, namun ujung-ujungnya ternyata ingin menguasai kerajaan dan mengkristenkan rakyat. Untuk itu sultan Khairun berjuang memerangi Portugis dari Ternate, kemudian diteruskan putranya yang bernama sultan Babulloh (1570-1583), sampai Portugis hengkang dari Ternate.

Kesultanan Ternate mulai pudar setelah Indonesia dalam penjajahan Belanda.

23 komentar untuk “Masuknya Islam di Nusantara”

  1. Materi/bab yang saya baca adalah teori masuknya islam di nusantara yang meliputi teori persia,teori gujarat dan teori Mekah(Arab).serta membahas cara cara dakwah islam di nusantara seperti melalui perdagangan,perkawinan,pendidikan pesantren,ajaran tasawwuf,seni budaya serta membahas peranan ulama dan mubaligh dalam perkembangan islam yang tidak lepas dari peran wali songo serta membahas peranan kesultanan Jawa,Sumatera,dan maluku dalam menyebarkan agama islam.

  2. RESTI YUNITA ZYAKARIA/9A/24

    1)Apa yang dimaksud dengan:(Gold,Glory,dan,Gospel)? dan apa perananya dalam menyebarkan agama Islam?
    2) Kenapa Banten menjadi kerajaan besar? sedangkan Cirebon menjadi pusat penyebaran agama islam sampai abad-abad selanjutnya?bukanya keduanya merupakan satu kesultanan yaitu kesultanan Banten dan Cirebon?

  3. Lutfiana Putri 9A-15

    Data yang disajikan sangatlah jelas.
    Islam masuk dan berkembang di Indonesia menggunakan metode dakwah yang halus tanpa menimbulkan perpecahan.
    Salah satunya metode dakwah sunan Kudus dimana untuk berkurban sapi diganti dengan kerbau karena saat itu sapi dianggap mulia dan tidak boleh dibunuh. Selain itu ada juga metode lainnya.
    Kemudian hal ini juga di ikuti oleh alasan-alasan lain sehingga membuat Islam berkembang pesat di Indonesia.
    Tetapi, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peranan masyarakat yang menerima ajaran Islam dengan baik.
    Terima kasih

  4. Lutfiana Putri 9A-15

    Materi yang disajikan sangat jelas dan lengkap.
    Mulai dari teori kedatangan Islam, alasan mengapa Islam dapat menyebar pesat di Indonesia hingga berbagai kerajaan Islam yang ada di Indonesia

  5. Nayla zahara mukhid/9A/21

    islam dipercaya tiba di indonesia langsung dari timur tengah melalui jasa para pedagang arab muslim sekitar abad ke-7M. islam tiba di indonesia melalui peran pedagang asal persia yang dalam perjalanannya singgah ke gujarat sebelum ke nusantara sekitar abad Ke-13M

  6. Dakwah Islam di Nusantara adalah dengan cara damai, bukan dengan cara kekerasan. Dalam hal ini, peran dan jasa para pedagang sangat dalam penyebaran Islam pertama kali sejak abad ke-7 M. Proses Islamisasi mengalami perkembangan pesat sejak abad ke-13 M, melalui beberapa saluran atau cara, yaitu :
    1) perdagangan,
    2) perkawinan (sosial),
    3) pendidikan pesantren,
    4) ajaran tasawwuf,
    5) seni budaya, dan
    6) politik.

  7. Aisyah Cahyani Putri/9A/03

    1. Islam masuk di Nusantara melalui jalur perdagangan berlangsung dengan cara-cara damai

    2. Agama Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun, agama Islam mulai menyebar sekitar abad ke-13 M.

    3. Menurut para sejarawan, teori-teori tentang kedatangan Islam ke Indonesia dapat dibagi menjadi: teori Mekah, teori Gujarat, teori Persia, dan teori Cina.

    4. Kerajaan Samudra Pasai di Aceh merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia

    5. Proses penyebaran dan perkembangan agama dan kebudayaan Islam dilakukan melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, hubungan sosial, dan kesenian.

    6. Kerajaan Islam di Sumatra yaitu: Kerajaan Samudra Pasai dan Kerajaan Aceh.

    7. Kerajaan Islam pertama di Jawa adalah Kerajaan Demak. Kerajaan Demak diteruskan Kerajaan Pajang dan Kerajaan Mataram Islam.

    8. Kerajaan Banjar merupakan kerajaan Islam di Kalimantan

    9. Kerajaan Islam di Sulawesi, yaitu Kerajaan Gowa Tallo, dan di Maluku Utara terdapat Kerajaan Ternate dan Kerajaan Tidore.

  8. Aisyah Cahyani Putri/9A/03

    1. Islam masuk di Nusantara melalui jalur perdagangan berlangsung dengan cara-cara damai
    2. Agama Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun, agama Islam mulai menyebar sekitar abad ke-13 M.
    3. Menurut para sejarawan, teori-teori tentang kedatangan Islam ke Indonesia dapat dibagi menjadi: teori Mekah, teori Gujarat, teori Persia, dan teori Cina.
    4. Kerajaan Samudra Pasai di Aceh merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia
    5. Proses penyebaran dan perkembangan agama dan kebudayaan Islam dilakukan melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, hubungan sosial, dan kesenian.
    6. Kerajaan Islam di Sumatra yaitu: Kerajaan Samudra Pasai dan Kerajaan Aceh.
    7. Kerajaan Islam pertama di Jawa adalah Kerajaan Demak. Kerajaan Demak diteruskan Kerajaan Pajang dan Kerajaan Mataram Islam.
    8. Kerajaan Banjar merupakan kerajaan Islam di Kalimantan
    9. Kerajaan Islam di Sulawesi, yaitu Kerajaan Gowa Tallo, dan di Maluku Utara terdapat Kerajaan Ternate dan Kerajaan Tidore.

  9. Dino Andriansyah / 13 / 9B

    Materi yang diberikan cukup lengkap dan bisa dipahami dengan mudah.
    Namun ada pertanyaan yang ingin saya tanyakan yaitu apa yang dimaksud dengan Mufti Kerajaan?

  10. Syaila Afifatuzzahro

    Menurut DR. Hamka dan Sayyid Naguib Al-Attas, bahwa agama Islam masuk pada abad ke-7 Masehi atau abad ke-1 Hijriyah semasa dengan dinasti Bani Umaiyah di Timur Tengah dan zaman keemasan Sriwijaya di Palembang.

    ada juga pendapat lain mengatakan bahwa Islam masuk abad ke-13 M, yang berdasarkan pada catatan perjalanan Marcopolo, seorang pelaut asal Venesia Italia, yang pernah berkunjung di Perlak dan Aceh, bahwa abad itu sudah ada kerajaan Islam di sana, yakni Samudera Pasai, yang diperintah seorang raja muslim, Marah Silu dengan bergelar Al-Malikus Shaleh.

    Dengan artian lain bahwa Islam masuk ke Nusantara jauh sebelum abad ke-13 M, dan berkembang pesat pada abad ke-13, setelah berdirinya Kerajaan Islam Samudera Pasai dan Perlak.

  11. Syaila Afifatuzzahro/30/9B

    Menurut DR. Hamka dan Sayyid Naguib Al-Attas, bahwa agama Islam masuk pada abad ke-7 Masehi atau abad ke-1 Hijriyah semasa dengan dinasti Bani Umaiyah di Timur Tengah dan zaman keemasan Sriwijaya di Palembang.

    ada juga pendapat lain mengatakan bahwa Islam masuk abad ke-13 M, yang berdasarkan pada catatan perjalanan Marcopolo, seorang pelaut asal Venesia Italia, yang pernah berkunjung di Perlak dan Aceh, bahwa abad itu sudah ada kerajaan Islam di sana, yakni Samudera Pasai, yang diperintah seorang raja muslim, Marah Silu dengan bergelar Al-Malikus Shaleh.

    Dengan artian lain bahwa Islam masuk ke Nusantara jauh sebelum abad ke-13 M, dan berkembang pesat pada abad ke-13, setelah berdirinya Kerajaan Islam Samudera Pasai dan Perlak.

  12. Dino Andriyansyah / 13 / 9B
    Materi yang disampaikan cukup lengkap dan menarik.
    Pertanyaan yang dapat saya tanyakan yaitu apa yang dimaksud dengan Mufti Kerajaan?

  13. Ferita Amelia Putri Calista/9B/16

    Materi yang diberikan sudah sangat mudah dimengerti dan dipahami. Sehingga tidak ada yang perlu saya tanyakan lagi.
    Di materi ini saya bisa mengetahui sejarah masuknya ke Indonesia, kerajaan islam di Indonesia, dan lain sebagainya.

Komentar