Ketentuan Aqiqoh dan Qurban

Share Post

AQIQAH  ( عَقِيْقَةْ )

Flashdisk Kitab Kuning PDF

Kelahiran anak sungguh sangat menyenangkan bagi kedua orang tuanya. Bagi orang Islam, Ini merupakan karunia Alloh SWT yang tak terhingga. Untuk itu, kita perlu menyembelih hewan ‘Aqiqah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Alloh .

Pengertian dan Hukum Aqiqoh

Flashdisk Kitab Kuning PDF

Secara bahasa (etimologi), asal kata ‘Aqiqah dari  bahasa  arab . اَلْعَقِيْقَةُ.yang  dapat  berarti : 1) rambut  bayi;  2) hewan  hewan  aqiqah. sedangkan Secara  istilah (terminologi), ‘Aqiqah adalah menyembelih hewan ternak berupa : kambing, biri-biri, atau domba, sehubungan dengan kelahiran bayi, sebagai tanda rasa syukur kepada Alloh SWT . Hukum Aqiqah: Sunnah Muakkad

Waktu Aqiqoh

Waktu Aqiqah : sebaiknya pada hari ke-7 dari kelahiran bayi. Jika tidak bisa, dapat dilakukan pada hari ke-14, atau hari ke-21, atau kapan saja, menurut kadar kemampuannya.

Nabi SAW bersabda :

اَلْغُلَامُ مُرْتَهِنٌ بِعَقِيْقَتِهٖ ، يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ ، وَيُسَمّٰى وَيُحْلَقُ رَأْسُهٗ (الترمذى)

ارتيۑا : “سٓئوراڠ بايى تٓرڮادايكان دٓڠان عَقيقَهۑا ، سٓمبٓليـهكان كامبيڠ اونتوكۑا ڤادا هاري كٓتوجوه داري كٓلاهيرانۑا, دي بٓري ناما دان ديچوكور رامبوت كٓڤالاۑا”

Jenis dan Jumlah Hewan Aqiqoh

Hewan Aqiqah berupa domba, kambing atau biri-biri, yang sehat fisiknya, tidak ada cacat, gemuk, dan sudah cukup umurnya.

Jumlah hewan yang disembelih  2 ekor untuk bayi lelaki, dan 1 ekor untuk bayi perempuan.

اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ اَمَرَهُمْ عَنِ الْغُلَامِ شَاتَانِ مُتَكَافِئَتَانِ، وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ (رواه الترمذي)

ارتيۑا : “سوڠڮوه رسول الله ﷺ مٓۑوروه ڤارا صَاحَابَات اڮار مٓلاكساناكان عَقيقَه اونتوك اناك لاكي-لاكي دوا كامبيڠ ياڠ ساما، دان اونتوك اناك وانيتا ساتو كامبيڠ”

 

Tatacara Penyembelihan Aqiqoh

Tatacara penyembelihan hewan Aqiqah sama dengan aturan umum di atas. Selain itu, ada ketentuan lainnya, antara lain

  • Sewaktu menyembelih, agar diniati sebagai Aqiqah dari bayi yang diaqiqahi. Setelah membaca Basmalah, sholawat dan takbir, lalu berdoa :

اَ للَّهُمَّ هَذِهِ  مِنْكَ وَاِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ عَقِيْقَةَ …

Artinya : “Ya Allah! Hewan ini nikmat dari-Mu dan dipersembahkan untuk-Mu, maka terimalah sebagai Aqiqah dari si ….. (sebut nama anak yang diaqiqahi)”

  • Sedapat mungkin dalam mengolah daging akikah tidak memotong atau memecah tulangnya. Setiap tulang dipisahkan dari sendinya
  • Dagin Jg hewan dihadiahkan kepada orang lain dalam keadan sudah matang (sudah dimasak). Orang yang beraqiqoh boleh memakannya, asalkan tidak boleh lebih dari 1/3 bagian. Kecuali aqiqah nadzar, maka orang yang beraqiqah tidak boleh makan dagingnya.

Hikmah & Fungsi Aqiqah

  • Sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran bayi.
  • Anak bagai barang gadaian, dan aqiqah sebagai penebusnya.
  • Mengajari anak mendekatkan diri pada Alloh sejak dini
  • Sebagai bentuk tanggung jawab orang tua atas amanat Alloh (anak)
  • Merupakan bentuk taqorrub (pendekatan diri) kepada Alloh.
  • Mempererat tali persaudaraan (ukhuwwah) antar tetangga
  • Menumbuhkan sikap kepedulian sosial, terutama pada fakir miskin.
  • Dengan ridho dan pertolongan Alloh, Aqiqoh dapat menghindarkan anak dari musibah, keburukan moral dan penderitaan.
  • Aqiqah Menghidupkan sunnah / tradisi Rasululloh.

12 komentar untuk “Ketentuan Aqiqoh dan Qurban”

    1. Ahmad steven rafael nuha

      Perbedaan Waktu Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah
      Pelaksanaan qurban dilakukan setiap hari raya idul adha tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Qurban juga bisa dilaksanakan pada hari tasyrik yaitu pada tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah. Sedangkan untuk aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja jika bayi sudah memasuki usia 7 hari.

    2. Berbeda
      Karena jumlah penyembelehan qurban jumlah nya tidak di batasi dari jenis hewan yang di izinkan para ulama sedangkan aqiqah di lihat dari kelahirannya.

    1. Ahmad steven rafael nuha

      -Hewan kurbannya berupa binatang ternak, yaitu unta, sapi dan kambing, baik domba atau kambing biasa.

      -Telah sampai usia yang dituntut syari’at berupa jaza’ah (berusia setengah tahun) dari domba atau tsaniyyah (berusia setahun penuh) dari yang lainnya.

      -Bebas dari aib (cacat) yang mencegah keabsahannya

      -Hewan kurban tersebut milik orang yang berkurban atau diperbolehkan (diizinkan) baginya untuk berkurban dengannya. Maka tidak sah berkurban dengan hewan hasil merampok/mencuri.

      -Tidak ada hubungan dengan hak orang lain. Maka tidak sah berkurban dengan hewan gadai dan hewan warisan sebelum warisannya dibagi

    1. Ahmad steven rafael nuha

      Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu mengatakan bahwa ada dua pendapat ulama mengenai hukum melaksanakan akikah untuk anak yang sudah meninggal dan belum dilakukan akikah untuknya. Pertama dan ini yang paling sahih, tetap disunahkan melaksanakan akikah untuk anak yang sudah meninggal. Kedua, akikah hukumnya gugur jika anak sudah meninggal sehingga tidak disunahkan melakukan akikah untuknya.

    1. Ahmad steven rafafel nuha

      Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Aqiqah menyertai lahirnya seorang bayi”. … Namun, apabila aqiqah dan kurban dilaksanakan secara bersamaan juga diperbolehkan, yakni membaca dua niat dalam menyembelih kurban dan aqiqah sekaligus.

    1. Ahmad steven rafael.nuha

      Kelahiran seorang anak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Untuk mensyukuri kehadiran seorang buah hati, dalam Islam dianjurkan untuk menggelar akikah dengan memotong hewan ternak.

      lalu apa itu akikah? akikah sendiri secara bahasa diambil dari bahasa Arab (Al-Qat’u) yang bermakna memotong . Ada juga yang mengatakan akikah diambil dari nama rambut batu yang baru lahir. Adapun secara istilah, akikah merupakan acara syukuran dengan memotong hewan ternak. Biasanya dilakukan setelah 7 hari kelahiran.

      Secara syariat sendiri, hukum akikah ialah sunah muakkad. Atau sunah yang sangat dianjurkan. Namun, yang kerap menjadi pertanyaan ialah tentang jumlah hewan ternak yang harus dipotong. Di mana bayi laki-laki 2 ekor kambing, dan bayi perempuan 1 ekor kambing.

Komentar