MEMBACA AYAT AL-QUR’AN TENTANG ILMU PENGETAHUAN
Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33
يَٰمَعۡشَرَ ٱلۡجِنِّ وَٱلۡإِنسِ إِنِ ٱسۡتَطَعۡتُمۡ أَن تَنفُذُواْ مِنۡ أَقۡطَارِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ فَٱنفُذُواْۚ لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلۡطَٰنٖ ٣٣
Membaca Q.S. al-Mujadalah/58: 11
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قِيلَ لَكُمۡ تَفَسَّحُواْ فِي ٱلۡمَجَٰلِسِ فَٱفۡسَحُواْ يَفۡسَحِ ٱللَّهُ لَكُمۡۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُواْ فَٱنشُزُواْ يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَٰتٖۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ ١١
Memahami Ilmu Tajwid Tentang Hukum Bacaan Panjang / Mad.
Pengertian Mad. Menurut bahasa, “Mad” artinya memanjangkan. Sedangkan menurut istilah ilmu tajwid, “Mad” adalah memanjangkan bunyi bacaan suatu huruf dengan panjang 1 huruf (2 harokat) sampai 3 huruf (6 harokat). Suatu huruf dibaca panjang (mad) apabila huruf itu diiringi oleh salah satu dari tiga huruf mad, yang meliputi : alif ( ا ), ya’ sukun ( يْ), Wawu sukun ( وْ).Secara garis, hukum bacaan mad terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu 1) Mad Thobii / mad Ashli, dan 2) mad Far’iy (cabang). Mad Thobi’iy atau Mad Ashliy adalah hukum bacaan mad yang pokok. Panjang bacaannya satu huruf atau dua harokat.
Perhatikan tanda/cirinya beserta contohnya pada tabel berikut:
No |
Tanda |
Penjelasan |
Contoh |
Dibaca |
1. |
_ َ ا |
Huruf berharokat fat-hah diikuti oleh huruf mad “Alif” |
قَالَ |
Qaala |
2. |
_ ِ يْ |
Huruf berharokat kasroh diikuti oleh huruf mad “Ya’ sukun” |
قِيْلَ |
Qiila |
3. |
_ُ وْ |
Huruf berharokat dhommah diikuti oleh huruf mad “Wawu sukun” |
قُوْلُوْ |
Quuluu |
Dari Mad Thobi’iy atau Mad Ashliy tersebut, maka berkembang dan bercabang menjadi beberapa hukum bacaan Mad, yang meliputi :
1. Mad wajib muttashil |
8. Mad Farq |
|
2. Mad jaiz munfashil |
9. Mad ’iwadh |
|
3. Mad ’aridh lissukun |
10. Mad lazim harfi mukhoffaf |
|
4. Mad badal |
11. Mad lazim harfi musyba’ |
|
5. Mad lin |
12. Mad lazim kilmi mukhoffaf |
|
6. Mad shilah Thawilah |
13. Mad lazim kilmi mutsaqqol |
|
7. Mad shilah Qoshiroh |
14. Mad Tamkin |
MENGARTIKAN AYAT AL-QUR’AN TENTANG ILMU PENGETAHUAN
Arti Mufrodat Dan Terjemahan Q.S. ar-Rahman/55: 33
Arti Mufrodat Q.S. ar-Rahman/55: 33:
أَن |
ٱسۡتَطَعۡتُمۡ |
إِنِ |
وَٱلۡإِنسِ |
ٱلۡجِنِّ |
يَٰمَعۡشَرَ |
bahwa |
kamu mampu/sanggup |
jika |
dan manusia |
jin |
Hai Sekalian |
فَٱنفُذُواْۚ |
وَٱلۡأَرۡضِ |
ٱلسَّمَٰوَٰتِ |
أَقۡطَارِ |
مِنۡ |
تَنفُذُواْ |
maka tembuslah/lintasilah |
dan bumi |
langit(jamak) |
penjuru |
dari |
kamu menembus/melintasi |
بِسُلۡطَٰنٖ |
إِلَّا |
تَنفُذُونَ |
لَا |
||
dengan kekuasaan/kekuatan |
kecuali |
kamu menembusnya |
tidak |
Arti Terjemahan Q.S. ar-Rahman/55
أرتيۑا: “هاي جَماعَة جين دان مانوسيا, جيكا كامو ساڠݤوڤ مٓنٓمبوس (مٓلينتاسي)
ڤٓنجورو لاڠيت دان بومي, ماكا مٓلينتاسلاه, كامو تيداء داڤات مٓنٓمبوسۑا كٓڇوالي دٓڠان كٓكواتان”. (سورة الرَحمان: ٣٣)
Artinya: Hai sekalian jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (33)
Arti Mufrodat Dan Terjemahan Q.S. al-Mujadalah/58: 11
Arti Mufrodat Q.S. al-Mujadalah/58: 11
لَكُمۡ |
قِيلَ |
إِذَا |
ءَامَنُوٓاْ |
ٱلَّذِينَ |
يَٰٓأَيُّهَا |
bagi kalian |
dikatakan |
apabila |
beriman |
orang-orang yang |
wahai |
ٱللَّهُ |
يَفۡسَحِ |
فَٱفۡسَحُواْ |
ٱلۡمَجَٰلِسِ |
فِي |
تَفَسَّحُواْ |
Allah |
melapangkan |
maka lapangkanlah |
majlis |
dalam |
berlapang-lapanglah |
يَرۡفَعِ |
فَٱنشُزُواْ |
ٱنشُزُواْ |
قِيلَ |
وَإِذَا |
لَكُمۡۖ |
meninggikan |
maka bangunlah |
bangunlah |
dikatakan |
dan apabila |
bagi kalian |
أُوتُواْ |
وَٱلَّذِينَ |
مِنكُمۡ |
ءَامَنُواْ |
ٱلَّذِينَ |
ٱللَّهُ |
(mereka) diberi |
dan orang-orang |
diantara kamu |
yang beriman |
orang-orang yang |
Allah |
خَبِيرٞ |
تَعۡمَلُونَ |
بِمَا |
وَٱللَّهُ |
دَرَجَٰتٖۚ |
ٱلۡعِلۡمَ |
Maha Mengetahui |
kamu kerjakan |
dengan apa-apa |
dan Allah |
derajat |
ilmu |
Eksplorasi konten lain dari Ruangku Belajar
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.